Pengaruh Hidrolisis Asam Klorida Terhadap Karakteristik Fisika Kimia Pati Buah Sukun (Artocarpus communis)

Authors

  • Farida Anggraeni
  • Wisnu Cahyo Prabowo
  • Mirhansyah Ardana

DOI:

https://doi.org/10.25026/mpc.v6i1.251

Keywords:

hidrolisis pati, pati sukun, konsentrasi HCl, durasi hidrolisis

Abstract

Pati sukun dapat bermanfaat sebagai eksipien pada tablet yang digunakan sebagai pengisi, pengikat maupun penghancur pada konsentrasi yang sesuai. Akan tetapi pati sukun memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah tidak memiliki laju alir maupun sudut istirahat dan nilai kompresibilitas yang buruk yang  menandakan buruknya kemampuan  suatu bahan  untuk digunakan sebagai bahan pengikat metode cetak langsung pada pembuatan tablet. Salah satu cara yang dipilih untuk meningkatkan laju alir adalah dengan memodifikasi pati menggunakan hidrolisis asam. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh konsentrasi asam klorida terhadap karakteristik fisika-kimia pati buah sukun, mengetahui pengaruh durasi hidrolisi asam terhadap karakteristik fisika-kimia pati buah sukun dan mengetahui berapa konsentrasi asam klorida dan durasi hidrolisis asam yang optimum pada modifikasi pati buah sukun. Penelitian ini dilakukan dengan menambahkan asam klorida pada pati sukun dengan variasi konsentrasi dan lama perendaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel waktu dan konsentrasi memengaruhi karakteristik fisika kimia pati sukun, dimana semakin besar konsentrasi dan lama perendaman nilai laju alir, sudut istirahat, swelling power dan indeks kopresibilitas yang dihasilkan semakin baik, akan tetapi rendemen yang dihasilkan semakin rendah.

References

[1]. Anwar, Effionora. 2012. Eksipien dalam Sediaan Farmasi Karakterisasi dan Aplikasi. Penerbit Dian Rakyat: Jakarta.

[2]. Ansel, Howard C. 2009. Pharmaceutical Dosage Forms and Drug Delivery Systems Ninth Edition. Lippincott Williams & Wilkins: New York.

[3]. Atichokudomchaia Napaporn, Sujin Shobsngobb, Saiyavit Varavinita., 2000, Morphological Properties of Acid-Modified Tapioca Starch. Weinheim. 283-289.

[4]. Depkes RI, 1979. Farmakope Indonesia Edisi 3. Departemen Kesehatan Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan: Jakarta.

[5]. Gad, Shayne C. 2008. Pharmaceutical Manufacturing Handbook Production and Processes. A John Wiley & Sons Inc Hoboken: New Jersey.

[6]. Lachman, L., Herbert, A.L., dan Joseph, L.K. 1994. Teori dan Praktek Farmasi Industri Edisi III jilid II. Diterjemahkan oleh Siti Suyatmi. Universitas

[7]. Tharanathan., Rudrapatman., 2005, Starch-Value Addition by Modification, Critical Reviews in Food Science and Nutrition, Vol 45, 371-384.

Downloads

Published

2017-11-08

How to Cite

Anggraeni, F., Prabowo, W. C., & Ardana, M. (2017). Pengaruh Hidrolisis Asam Klorida Terhadap Karakteristik Fisika Kimia Pati Buah Sukun (Artocarpus communis). Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences, 6(1), 26–30. https://doi.org/10.25026/mpc.v6i1.251

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>