Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sempaja Samarinda

  • Mi’atu Khabbah
  • Welinda Dyah Ayu Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nurul Annisa Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Rolan Rusli Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-1264-5933
Keywords: Standar Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan pasien, Puskesmas, incidental sampling

Abstract

Kepuasan pasien terhadap standar pelayanan kefarmasian di  puskesmas dapat diukur dengan membandingkan antara harapan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian yang diinginkan dengan kenyataan yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien dan pelaksanaan standar minimal pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Penelitian observasi deskriptif dilakukan terhadap 270 responden menggunakan metode incidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner kepuasan pasien dan standar pelayanan minimal di Puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81,75% responden puas terhadap pelayanan yang diberikan puskesmas. Standar pelayanan waktu tunggu resep di bagian farmasi Puskesmas dapat dikatakan baik dan hampir memenuhi standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas.

References

Depkes RI,2002. Keputusan Menteri Kesehatan no.1332/kep/v/2002 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan no. 992/ Per/X/1993 tentang Ketentuan dan Tatacara Pemberian izin Apotek, Dep. Kesehatan RI, Jakarta.
Depkes RI.2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian. Departemen Kesehatan RI: Jakarta.
Depkes RI.2009. Pharmaceutical care.Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Pudjaningsih.2007. Pengembangan Indikator Efisiensi Pengelolaan Obat di Farmasi Rumah Sakit. UGM Press.
Published
2017-05-03
How to Cite
Khabbah, M., Ayu, W. D., Annisa, N., & Rusli, R. (2017). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sempaja Samarinda. Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences, 5(1), 165-172. https://doi.org/10.25026/mpc.v5i1.233

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>